System Pendidikan Di Indonesia | KangKardoy

System Pendidikan Di Indonesia

Saya membaca 1 tulisan di beranda facebook, dan isinya sangat bagus dan menarik menurut saya, ini tentang pendidikan di Indonesia, dimana seorang anak yang selalu di paksakan pada 1 bidang keahlian yang sama, padahal bakat dan minat seorang anak itu jelas berbeda beda.
Simak tulisan ini.

GEN TAI

Mamank albert einstein pernah mengatakan bahwa setiap orang itu jenius,tapi jika kita menilai seekor ikan dari caranya memanjat pohon layaknya kera? Itu hanya akan membuat dirinya merasa bodoh sepanjang hidupnya.
Di zaman sekarang mungkin masih ada orang tua yang terlalu menekankan dan memaksakan anaknya untuk menguasai berbagai materi/pelajaran yang tidak disukai anak tersebut.kita tau bahwa sekarang ini untuk masuk suatu sekolah ditentukan oleh NILAI UN yang meliputi IPA,Matematika,B.inggris,dan B.indonesia,nah hal ini lah yang menjadi masalah dalam sistem pendidikan kita,siswa dituntut untuk menguasai ke 4 mata pelajaran ini.Sedangkan kita tahu bahwa setiap orang itu unik dan memiliki bakat yang berbeda beda.Misalkan suatu hari ada seorang siswa yang mendapat nilai Matematika jelek lalu orang tuanya memarahinya "Kamu itu Matematika aja gak bisa,mau jadi apa kamu nanti?" Hal ini hanya akan membuat si siswa merasa bodoh dan stress tentu ini malah akan menyebabkan siswa merasa terbebani oleh sekolah,padahal kita tahu sekolah itu untuk mengeksplorasi diri dan bersosialisasi bukan malah membuat stres siswa.
pendidikan seharusnya bersifat berkolaborasi bukan berkompetisi,inilah kesalahan pendidikan kita,siswa hanya akan berpatok pada nilai nilai dan nilai!!! Sehingga justru malah dapat menyebabkan siswa terlalu fokus pada nilainya dari pada bakat alaminya.Contoh saja di negara finlandia disana jam belajar di sekolah relatif lebih singkat dan tidak ada pr untuk siswanya,tetapi siswanya diwajibkan untuk mengasah bakatny diluar jam sekolah dan inilah yang membuat finlandia saat ini menjadi negara dengan pendidikan terbaik di dunia.
Nah menurut mu gimana nih gengs tentang sistem pendidikan di indonesia? Sudah bagus kah? Atau malah sebaliknya?



Sumber : GEN TAI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "System Pendidikan Di Indonesia"

Posting Komentar

CLS SABLON MAJALENGKA (SABLON PLASTIK / KRESEK)

Assalamualaikum wr.wb Kami dari CLS SABLON MAJALENGKA sekarang menerima jasa sablon plastik,atau apapun macam plastik. Kita memakai tinta...