Menurunkan Daya Listrik Mesin Dengan Dimmer | KangKardoy

Menurunkan Daya Listrik Mesin Dengan Dimmer

Assalamualaikum  wr. wb

Ganti harga, mungkin itu ungkapan yang tepat untuk harga listrik perKWH di tahun 2018 ini.
Selain banyak subsidi di paket daya tertentu yang di hilangkan, naiknya harga listrik memang lumayan mencekik, saya saja yang biasa bayar 80-120rb per bulan, sekarang bisa sampai 300-400rb per bulan, woowwww banget kan. Kalau gak salah untuk daya yang masih 450watt/1 paket masih ada subsidi, tapi memang agak ribet karena pada hal nya yang di rasa kelas menengah ke atas tidak boleh lagi pakai 450watt dan harus di ganti minimal ke 900watt,jadi yaaaa keluarga tertentu saja yang bisa pakai listrik 450watt subsidi. Maka nya untuk sobat yang berencana mau tambah daya,  mending pikir pikir lagi dehhh. Tapi listrik di rumah gak kuat seandainya mau ada keperluan seperti butuh menyalakan mesin bor, mesin gerinda dll lah. Santai saja,  tidak perlu terburu buru ambil keputusan, sobat bisa akali lonjakan watt pada saat sobat butuh mesin mesin dengan watt tinggi, biasanya sih yang orang orang tahu itu memakai STARTING/STABILIZER, yaa memang bisa,  tapi itu hanya untuk start alias hanya menahan lonjakan watt saat pertama mesin nyala doank, untuk selanjutnya tetap saja tidak akan kuat, dan listrik pasti ngejeglak, starting juga tidak bisa untuk mesin mesin panas,  contoh nya setrika, magicom, dll.

Nah disini saya akan membagikan ilmu,  bagaimana caranya menyalakan mesin mesin watt besar dengan cara menurunkan watt si mesin agar si saklar mcb tidak jeglak.
Yaitu DIMMER. Alat ini bisa menurunkan watt mesin,  contoh untuk gerinda, alat ini bisa menurunkan watt gerinda dengan cara menurunkan kecepatan putarnya, simak gambar di bawah  !





Kurang lebih seperti itulah dimmer beserta rangkaiannya. Cukup sederhana kan??
Gambar 1. Itu adalah knob untuk menurunkan dan menaikan watt mesin, ke arah jarum jam untuk turun,  dan lawan arah jarum jam untuk naik kembali.

Gambar 2. Itu adalah input dan output. Lihat gambar 3. Input untuk colokan ke mesin dan output untuk ke listrik.

Oh iya,  dimmer ini juga bisa untuk meredupkan lampu lohhh,  seperti biasa, bisa di atur dengan knob tadi.

Nah seperti itulah kurang lebih fungsi dan rakaian dimmer. Cukup simple dan mudah, sobat bisa beli di toko toko elektronik, harga nya sekitar 50rb tergantung wilayah.

Sekian dulu dari saya.

Wassalamualaikum wr. wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menurunkan Daya Listrik Mesin Dengan Dimmer"

Posting Komentar

CLS SABLON MAJALENGKA (SABLON PLASTIK / KRESEK)

Assalamualaikum wr.wb Kami dari CLS SABLON MAJALENGKA sekarang menerima jasa sablon plastik,atau apapun macam plastik. Kita memakai tinta...