Tips Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online | KangKardoy

Tips Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online



Assalamualaikum  wr. wb

Zaman memang maju sangat pesat, hanya dengan menggenggam gadget kita bisa membeli suatu barang yang kita inginkan, bahkan dengan jarak toko yang sangat jauhpun kita bisa membelinya. Yaaa, belanja  online.
Apa itu belanja online?? Cara belanja menggunakan media internet sebagai pasar, apapun itu situsnya, dan hampir di setiap media sosial menyediakan cara belanja online.  Mungkin sobat sobat juga sudah tidak aneh lagi dengan yang namanya belanja online, kali ini Kangkardoy akan membahas bagaimana cara aman, mudah,  dan terhindar dari penipuan belanja online.

1. Belanja lah dengan menggunakan REKBER ! Apa itu rekber?  Rekber itu singkatan dari rekening bersama, dimana ada pihak ketiga saat kita bertransaksi, contoh yang sangat mudah dan mungkin sobat juga sudah pada tahu,  ada aplikasi besar yang menggunakan jasa rekber,  contoh : Bukalapak dan Tokopedia. Sobat bisa download aplikasi tersebut di Playstore. Cara belanjanya sangat mudah, sobat bisa langsung pilih barang yang sobat ingin, dan langsung klik BELI, nanti sobat akan di arahkan pada pilihan spesifikasi,  warna,  jumlah,  dll pada pesan kepada si penjual, karena aplikasi tersebut merupakan pihak pihak ketiga, jadi pada saat pembayaran sobat akan bayar terlebih dahulu pada Bukalapak/Tokopedia,  jadi uang yang sobat kirim tidak akan langsung terkirim pada si penjual langsung,  melainkan akan di tahan dulu di pihak ketiga,  yaitu aplikasi tadi,  nanti setelah barang sampai ke sobat dan cek barang terlebih dahulu,  dan sobat sudah menyetujui bahwa barang sampai dan cocok,  baru lah uang tadi akan di teruskan ke pihak penjual.
Bagaiman kalau seandainya barang tidak sesuai pesanan??  Tentunya sobat bisa komplain barang, sobat bisa komplain ke pihak ketiga tadi,  dan akan langsung chat dengan si penjual dan akan di tengahi oleh pihak ketiga tadi,  bisa sobat kirim balik barang tersebut ke si penjual,  dan uang akan kembali ke sobat,  atau bisa juga tukar barang, itu tergantung isi chat dan perjanjian sobat dengan si penjual, nah seperti itu lah keuntungan kita memakai jasa rekber. Ohh iya sobat pada saat pembayaran bisa menggunakan via transfer Atm, bisa juga bayar via minimarket, dll lah banyak cara cara pembayaran yang di sediakan si pihak ketiga tadi.

2. Terhindar belanja online di FACEBOOK.
Banyak sekali orang orang yang tertipu pada saat belanja online di facebook, biasa nya belanja di group group facebook gitu lahh.  Contoh,  sobat gabung di jual beli gitar indonesia,  nahh otomatis isi group tersebut adalah orang orang yang mau menjual dan membeli gitar, seperti sobat yang mau beli gitar di Jakarta,  namun posisi sobat ada di Surabaya,  biasanya orang beli barang jauh jauh karena banyak hal, karena harga murah,  spek gitar bagus, tapi sobat jangn tertipu dengan barang bagus namun harga murah dengan dalih si penjual butuh uang.
Sobat bisa perhatikan hal hal berikut.
-Lihat dulu profil facebook si penjual,  biasanya penjual jujur akan menggunakan akun asli, lihat dulu saja dindingnya,  ada photo photonya,  ada postingan postingan lama,  dan tentunya tidak ada hal hal aneh di dinding si penjual,  seperti komplainan konsumen atau hal hal semacamnya, sendainya dinding si penjual belum ada photo photo,  alamat dan menggunakan akun palsu, ada baiknya sobat cancel saja transaksinya, dan biasanya penjual jujur selalu bisa di ajak untuk rekber,  yaituuuu,  dengan aplikasi bukalapak/tokopedia, di jamin akan aman.
-Searching nomor hape si penjual di google.
Lhooo emang bisa???  bisa dong. kan biasanya sobat minta nomor WA untuk ngobrol ngobrol terlebih dahulu,  nah cari saja di google dahulu untuk mengetahui apakah benar identitas  si penjual itu asli,  banyak juga lohh penjual curang yang menggunakan satu nomor hape namun akunnya facebook nya banyak, itulah ciri ciri penjual curang. Saya kasih contoh nomor hape saya 089660317454. Sobat bisa cari di google, nanti pasti muncul akun saya sebagai Erin S Pratiwa dan Owner dari CLS Sablon Majalengka 😁😀🤘. Lihat gambar!






Nah jelas kan?  ada yang mengarah ke facebook saya dan ke halaman Facebook saya,  ke instagram, youtube,  kaskus, bukalapak, wordpress, namun tetap satu akun. Sobat bisa cari lagi nomor kedua saya 082315889644, hanya untuk contoh lagi. Paham kan maksud saya?  

3. Untuk belanja online di situs situs lain yang tidak menggunakan jasa rekber atau pihak ketiga, yaaa sobat bisa jalankan cara ke satu dan dua,  ajak rekber dan cek dulu nomor hape nya.  Seandainya si penjual tidak jelas indentitasnya, lebih baik sobat tinggalkan saja,  dan cari lah penjual yang benar benar jelas identitasnya, jangan tertipu dengan photo photo atau screenshot TESTIMONI, karena itu bisa di edit dan di akali. 

YYEEEAAAAA    BE A SMART BUYER. 

Selamat berbelanja online. 
Jadilah pembeli yang pintar. 

Wassalamualaikum wr. wb. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online"

Posting Komentar

CLS SABLON MAJALENGKA (SABLON PLASTIK / KRESEK)

Assalamualaikum wr.wb Kami dari CLS SABLON MAJALENGKA sekarang menerima jasa sablon plastik,atau apapun macam plastik. Kita memakai tinta...